analisis lingkungan perusahaan

Faktor internal perusahaan

  1. Kekuatan (strength)Kekuatan perusahaan merupakan suatu keunggulan yang dimiliki perusahaan dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan lainnya. kekuatan yang dimiliki perusahaan bisa dalam berbagai hal, contohnya, kekuatan sumber daya alam, sumberdaya manusia, sumberdaya modal, keleluasaan pasar, hubungan dengan konsumen, hubungan dengan produsen dan faktor lainnya yang berada di dalam internal perusahaan. Kekuatan internal perusahaan inilah yang dapat membuat perusahaan dapat bertahan dan bersaing dalam pasar.
  2. Kelemahan (weakness)Kelemahan merupakan keterbatasan perusahaan yang bisa menghambat kinerja dari perusahaan itu sendiri, perusahaan biasanya menutupi kelemahannya agar tidak diketahui oleh pesaing dan berusaha memperbaiki kelemahannya tersebut. Kelemahan ini dapat berupa, kelemahan sumberdaya modal, sistem manajemen, pemasaran, kualitas produk dan faktor lainnya yang berada dalam lingkungan internal perusahaan. kelemahan ini harus diperbaiki atau dikelola oleh perusahaan agar tidak berpengaruh yang terlalu besar terhadap kinerja perusahaan.

 Faktor Eksternal perusahaan

  1. Peluang (opportunity)Peluang merupakan situasi penting yang dimiliki perusahaan yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memperoleh keuntungan. Peluang berasal dari lingkungan eksternal perusahaan yang dapat berupa segmentasi pasar yang awalnya tidak diperhatikan, kemudian perubahan pada persaingan perusahaan, perubahan kebijakan atau aturan dari pemerintah, perubahan teknologi, serta membaiknya hubungan dengan konsumen dan produsen, setiap peluang yang ada seharusnya bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh perusahaan untuk memperbaiki perusahaan.
  2. Tantangan(challenge) Tantangan adalah situasi penting yang harus dihadapi oleh perusahaan untuk berkembang yang berasal dari lingkungan eksternal perusahaan yang tentunya berbengaruh pada kinerja perusahaan, jika perusahaan tidak menghadapi dan berusaha untuk bisa menghadapi tantangan yang ada bisa membuat posisi strategis perusahan terancam. Tantangan perusahaan dapat berupa, masuknya pesaing baru dalam bisnis, lambatnya pertumbuhan pasar, meningkatnya tawar menawar konsumen dan produsen, perubahan teknologi dan kebijakan atau aturan pemerintah,

About ryanhadiwijayaa

" bukan karena mudah kita yakin bisa, tetapi karena kita yakin bisa semua menjadi mudah"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: