identifikasi visi PT Antam

Visi antam 2020 :

“Menjadi korporasi global berbasis pertambangan dengan pertumbuhan sehat dan standar kelas dunia”

Misi Antam 2020:

  • Membangun dan menerapkan praktik-praktik terbaik kelas dunia untuk menjadikan Antam sebagai pemain global.
  • Menciptakan keunggulan operasional berbasis biaya rendah dan teknologi tepat guna dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja serta lingkungan hidup.
  • Mengolah cadangan yang ada dan yang baru untuk meningkatkan keunggulan kompetitif.
  • Mendorong pertumbuhan yang sehat dengan mengembangkan bisnis berbasis pertambangan, diversifikasi dan integrasi selektif untuk memaksimalkan nilai pemegang saham.
  • Meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan pegawai serta mengembangkan budaya organisasi berkinerja tinggi.
  • Berpartisipasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di sekitar wilayah operasi, khususnya pendidikan dan pemberdayaan ekonomi.

Visi perusahaan Aneka tambang (antam) ialah menjadi perusahaan yang mendunia dengan berbasiskan pertambangan dengan tetap memperhatikan pertumbuhan perusahaan yang sehat dan berbasikan pada standar kelas dunia, antam berusaha memperluas pasar dan meningkatkan kinerja perusahaan sehingga antam bisa menjadi perusahaan yang mengglobal. Untuk mencapai visi tersebut maka diperlukan langkah-langkah nyata yaitu dengan menyusun misi yaitu menerapkan praktek kinerja terbaik berkelas dunia, menciptakan efisiensi biaya operasional dan pemanfaatan teknologi secara tepat guna dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja, kemudian mengolah sumber daya semaksimal mungkin, meningkatkan kesejahtraan karyawan dan partisipasi aktif terhadap lingkungan sekitar, misi tersebut menjadi acuan dalam melaksanakan praktik bisnis PT Antam untuk mencapai visinya.

 

b. Analisis visi dan misi PT antam

Visi menurut Wibisono (2006, p. 43), merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan apa yang ingin dicapai dari organisasi atau perusahaan. visi biasanya disusun untuk tujuan jangka panjang, selain itu visi dari perusahaan dapat digunakan sebagai penyatuan tujuan, arah dan sasaran perusahaan sehingga perusahaan memiliki tujuan yang jelas dalam menjalankan praktik bisnisnya, kemudian sebagai dasar untuk pemanfaatan dan alokasi sumberdaya yang tepat serta pengendalian sumberdaya yang dimiliki perusahaan, dan visi perusahaan juga bertujuan sebagai pembentuk dan pembangun budaya perusahaan.
Menurut oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122),. Visi yang efektif antara lain harus memiliki karakteristik seperti :

1.Imagible (dapat di bayangkan).

2. Desirable (menarik).

3. Feasible (realities dan dapat dicapai).

4. Focused (jelas).

5. Flexible (aspiratif dan responsif terhadap perubahan lingkungan).

6. Communicable (mudah dipahami).

 

Visi PT Antam sendiri ialah “Menjadi korporasi global berbasis pertambangan dengan pertumbuhan sehat dan standar kelas dunia”, dari visi perusahaan tambang tersebut bisa dilihat tujuan yang jelas untuk menjadikan perusahaan yang menglobal. Dilihat dari karakteristiknya, visi pt antam dapat dibayangkan (imagible) dimana gambaran sebagai perusahaan global dengan berbasiskan pertambangan cukup jelas dipaparkan, kemudian visi PT antam juga cukup menarik (desirable) dimana visinya menyebutkan menjadi perusahaan global dengan tetap memperhatikan pertumbuhan yang sehat hal ini dimaksudkan PT Antam dalam tujuannya menjadi koorporasi global tetap memperhatikan pertumbuhan praktik bisnisnya yang tentunya melihat dari tingkat pendapatan yang diperoleh perusahaan tersebut. Kemudian visi PT Antam juga realistis dan dapat dicapai, bukan tidak mungkin antam menjadi perusahaan global, mengingat bahan tambang memiliki prospek yang cukup baik apalagi kebutuhan batubara yang menjadi salah satu bahan tambang unggulan PT Antam ini terus mengalami peningkatan permintaan setiap tahunnya, perkembangan produksi batubara selama 13 tahun terakhir telah menunjukkan peningkatan yang  cukup pesat, dengan kenaikan produksi rata-rata 15,68% pertahun, pada tahun 1992, produksi batubara nasional  mencapai 22,951 juta ton dan selanjutnya pada tahun 2005 produksi batubara nasional telah mencapai 151,594 juta ton (Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara, 2005). Perkembangan produksi batubara nasional tersebut tentunya tidak terlepas dari permintaan  dalam negeri (domestik)  dan luar negeri (ekspor) yang terus meningkat setiap tahunnya. Sebagian besar produksi tersebut untuk memenuhi permintaan luar negeri, yaitu rata-rata 72,11%, dan sisanya 27,89% untuk memenuhi permintaan dalam negeri (Pusteklitbang TEKMIRA, 2005), tingginya permintaan dari pasar dunia membuat visi antam menjadi perusahaan uang mengglobal realistis dan dapat dicapai. Visi PT antam juga cukup mudah dipahami dengan tidak adanya istilah-istilah yang tidak dimengerti dan visi perusahaan juga sangat jelas dalam menunjukan tujuan dari perusahaan tersebut dalam jangka panjang.

 

Misi (Mission)

Misi merupakan langkah yang lebih spesifik dalam tujuan mencapai visi perusahaan. Di dalam misi terdapat produk  yang dihasilkan oleh perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut dan hal lainnya yang bertujuan untuk mencapai visi perusahaan. Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang diinginkan oleh perusahaan, siapa yang akan menjalankannya, dimana misi tersebut akan dilaksanakan dan bagaimana misi tersebut dilakukan. Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

Dalam menentukan misi biasanya perusahaan melakukan perumusan misi dengan menentukan langkah-langkah penyusunan misi perusahaan dengan mengikuti tahap-tahap penyusunan misi yang umum digunakan oleh perusahaan sebagai berikut

1  Melakukan proses perencanaan pembuatan misi dengan mempertimbangkan beberapa kata yang menggambarkan organisasi

2. Penyusunan prioritas dan pemfokusan pada kata-kata yang paling penting

3. Mengkombinasikan kata-kata yang telah dipilih menjadi kalimat atau paragraf yang menggambarkan misi perusahaan

4. Memperbaiki kata-kata yang terdapat dalam misi, sehingga tidak terdengar tidak beraturan dan tidak dimengerti oleh orang lain

 

Kemudian untuk menjamin bahwa misi yang telah direncanakan merupakan sebuah misi yang mewakili perusahaan dan merupakan langkah untuk mencapai visi,maka misi tersebut haruslah :

1. Cukup luas untuk dapat diterapkan selama beberapa tahun sejak saat ditetapkan

2. Cukup spesifik untuk mengkomunikasikan misi

3. Fokus pada kompetensi atau kemampuan yang dimiliki perusahaan

4. Bebas dari jargon dan kata-kata yang tidak bermakna.

 

Misi Antam 2020:

  • Membangun dan menerapkan praktik-praktik terbaik kelas dunia untuk menjadikan Antam sebagai pemain global.
  • Menciptakan keunggulan operasional berbasis biaya rendah dan teknologi tepat guna dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja serta lingkungan hidup.
  • Mengolah cadangan yang ada dan yang baru untuk meningkatkan keunggulan kompetitif.
  • Mendorong pertumbuhan yang sehat dengan mengembangkan bisnis berbasis pertambangan, diversifikasi dan integrasi selektif untuk memaksimalkan nilai pemegang saham.
  • Meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan pegawai serta mengembangkan budaya organisasi berkinerja tinggi.
  • Berpartisipasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di sekitar wilayah operasi, khususnya pendidikan dan pemberdayaan ekonomi.

Dapat dilihat dari misi PT Antam diatas penyusunan kalimat pertama sebagai prioritas yang paling utama guna mencapai visi perusahaan yaitu menerapkan praktik terbaik berkelas dunia untuk menjadikan Antam sebagai pemain global, kalimat ini diletakan pertama karena merupakan hal yang paling pertama yang harus dilakukan oleh perusahaan agar mencapai visinya dalam menjadi perusahaan global, kemudian kata-kata yang dipilih dalam misi PT Antam ini cukup jelas disampaikan dan tidak bertele-tele, misi PT Antam ini juga cukup luas untuk diterapkan selama beberapa tahun seperti meningkatkan kesejahteraan pegawai, partisipasi aktif terhadap lingkungan, efisiensi sumberdaya yang merupakan misi antam bisa diterapkan dalam beberapa tahun guna mencapai visi menjadi perusahaan global, kemudian misi PT Antam juga cukup spesifik dalam menjelaskan misi perusahaan yang dijelaskan point perpoint dimulai dari praktik bisnis, karyawan, lingkungan sekitar, investor, dan sumberdaya. Misi PT Antam juga fokus pada kompetensi perusahaan yang bergerak dibidang tambang, investor dibidang pertambangan, kemudian faktor lingkungan sekitar, secara jelas disebutkan dalam misi PT Antam. Kemudian misi PT Antam tidak terdapat kata-kata yang tidak bermakna dan tidak terdapat kata-kata yang membingungkan.

Dapus

 

http://www.tekmira.esdm.go.id

 

http://www.antam.com/

 

http://jurnal-sdm.blogspot.com

About ryanhadiwijayaa

" bukan karena mudah kita yakin bisa, tetapi karena kita yakin bisa semua menjadi mudah"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: